KENALI HORMON YANG MENGATUR TIDUR KITA

oleh | Jun 23, 2023 | Kesehatan, Berita, edukasi

KENALI HORMON YANG MENGATUR TIDUR KITA, AGAR HIDUP LEBIH SEHAT

Bogor/23/06/2023. Banyak hormon dan neurotransmiter yang memengaruhi proses tidur dan bangunnya seseorang. Hormon-hormon tersebut penting dalam mengatur pola tidur seseorang. Kadar hormon tidur di dalam tubuh seseorang berbeda-beda. Tinggi rendahnya kadar hormon dipengaruhi oleh gaya hidup, pola makan, mental, dan psikologis seseorang. Berikut beberapa hormon yang berpengaruh dalam tidur.

  1. Adrenaline/Noradrenaline

Hormon ini berfungsi untuk merangsang atau memperpanjang kondisi terjaga. Dengan adanya hormon ini, tubuh akan senantiasa didorong untuk terus beraktivitas. Itulah sebabnya, hormon ini sering juga dianggap sebagai zat kimia yang mendorong agresivitas.

  1. Dopamin

Hormon ini merupakan neurotransmiter otak yang berperan dalam pengaturan gerak. Selain itu, dijamin juga memberikan rasa segar dan penuh semangat.

  1. Asetilkolin

Hormon ini bertugas mengaktifkan otak dan meningkatkan kebugaran. Pada  tahap tidur REM dan saat terjaga, kadar asetilkolin tinggi di dalam darah.

  1. Hipokretin

Hormon hipokretin bertugas untuk mencegah tidur atau menjaga seseorang tetap terjaga. Gangguan pengaturan hipokretin ternyata juga berperan dalam narkolepsi.

  1. Histamin

Histamin mengaktifkan otak selama terjaga. Saat bangun kadarnya sangat banyak dan berkurang saat santai. Hormon ini tidak diproduksi pada saat kita tidur.

  1. GABA (Gamma Amino Butyric Acid)

Bertugas untuk menghambat status terjaga. Obat-obatan yang merangsang tidur kebanyakan merangsang GABA sehingga membuat orang mengantuk.

  1. Galanin

Hormon ini berfungsi sebagai penghambat status terjaga

  1. Adenosin

Hormon ini merangsang tidur. Adenosin dihambat oleh konsumsi kafein.

  1. Serotonin

Serotonin mempunyai efek menenangkan. Hormon ini menyiapkan otak dan tubuh untuk masuk ke tahap tidur dalam dengan cara mengurangi sistem aktivitas tubuh.

  1. Melatonin

Hormon ini dapat menurunkan kewaspadaan dan memicu kantuk. Oleh karena itu, jangan mengendara atau mengoperasikan peralatan berat setelah mengonsumsi melatonin.

 

 

Sumber:

Prasadja, Andreas dan RPSGT. (2009). Ayo Bangun! dengan Bugar karena Tidur yang Benar. Jakarta: PT Mizan Publika.

Bagikan Ke

    17 CARA MENJADI MODEL BAHASA YANG BAIK UNTUK ANAK

    Bogor, Aksessehat.id - Orang tua adalah model bahasa pertama dan paling penting bagi anak. Apa yang orang tua katakan kepada anak dan bagaimana cara berinteraksi dengannya akan memengaruhi perkembangan bahasanya. Para orang tua dan pengasuh harus mengerti bagaimana...

    Plus Minusnya Minum Kopi bagi Kesehatan Lambung

    Bogor, Aksessehat.id - Kopi sudah menjadi konsumsi publik sejak jaman nenek moyang manusia, hampir seluruh manusia di muka bumi ini tahu dengan bahan utama minuman hits di zaman ini. Konsumsi kopi sudah menjalar ke semua elemen masyarakat, baik tua, muda, anak-anak,...