MENGAPA TUBUH MEMERLUKAN KALSIUM? BERIKUT FAKTANYA!

oleh | Mei 15, 2023 | Kesehatan

MENGAPA TUBUH MEMERLUKAN KALSIUM? BERIKUT FAKTANYA!

aksessehat.id

MENGAPA TUBUH MEMERLUKAN KALSIUM? BERIKUT FAKTANYA!

Susu merupakan salah satu minuman yang banyak digemari oleh setiap orang di seluruh dunia. Selain itu, susu juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang bervariatif dengan beraneka rasa pilihan.

Selain dari segi rasa, terdapat aspek lain yang juga disukai sebagian besar orang ketika mengonsumsi susu, yakni kandungan gizi yang melimpah terutama kalsium

yang terkandung di dalam susu. Kalsium atau Calcium (Ca) merupakan salah satu mineral esensial yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh, melainkan harus di dapatkan melalui makanan yang dikonsumsi.

Zat gizi esensial sangat dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki peran yang sangat penting. Zat gizi esensial memiliki peran seperti untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh, maupun untuk metabolisme.

Kandungan zat kalsium di dalam susu sapi murni berkisar antara 120-125 mg kalsium per 100 gram, tergantung jenis sapi, pakan, usia, dan juga faktor-faktor lainnya. Susu kambing sekitar 130-140 mg kalsium per 100 gr. Susu kedelai sekitar 100-150 mg kalsium per 100 gr. Sedangkan untuk susu skim sekitar 120-130 mg kalsium per 100 gr.

Kebutuhan harian kalsium manusia bervariasi, tergantung usia dan keadaan tertentu seperti kehamilan dan menyusui. Namun secara rata-rata usia, kebutuhan kalsium harian manusia berkisar antara 800 – 900 mg. Namun pada masa remaja usia sekitar 9 – 19 Tahun, kebutuhan kalsium harian berada pada puncaknya yakni tubuh membutuhkan sekitar 1300 mg kalsium dalam sehari.

Selain dari susu, kalsium juga dapat diperoleh melalui berbagai jenis makanan. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium diantaranya yaitu sayur-sayuran hijau, ikan dengan tulang lunak, sereal, maupun suplemen.

Lantas apa yang akan terjadi ketika tubuh kekurangan kalsium? Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, terutama untuk proses pertumbuhan. Dengan demikian, ketika tubuh kekurangan asupan kalsium, maka proses pertumbuhan akan terganggu. Selain itu, beberapa permasalahan lain yang dapat terjadi ketika kurangnya asupan kalsium yaitu Osteoporosis, rambut dan kuku rapuh, keram otot, gangguan neurologis, dan juga gangguan pencernaan.

Bagikan Ke

    17 CARA MENJADI MODEL BAHASA YANG BAIK UNTUK ANAK

    Bogor, Aksessehat.id - Orang tua adalah model bahasa pertama dan paling penting bagi anak. Apa yang orang tua katakan kepada anak dan bagaimana cara berinteraksi dengannya akan memengaruhi perkembangan bahasanya. Para orang tua dan pengasuh harus mengerti bagaimana...

    Plus Minusnya Minum Kopi bagi Kesehatan Lambung

    Bogor, Aksessehat.id - Kopi sudah menjadi konsumsi publik sejak jaman nenek moyang manusia, hampir seluruh manusia di muka bumi ini tahu dengan bahan utama minuman hits di zaman ini. Konsumsi kopi sudah menjalar ke semua elemen masyarakat, baik tua, muda, anak-anak,...