Anda Mengalami Sugar Craving (Kecanduan Gula)? Begini Cara Menghentikannya

oleh | Agu 22, 2023 | Uncategorized

Bogor, Aksessehat.id – Nagih gula (sugar craving) merupakan suatu kondisi di mana keinginan untuk mengonsumsi gula sangatlah tinggi, cenderung berulang secara terus menerus, serta sulit untuk dihindari. Hal tersebut merupakan sebuah adiksi yang terjadi pada otak manusia dalam ketergantungannya terhadap gula atau makanan dan minuman manis.

Misalkan pada momen-momen tertentu, otak akan secara tiba-tiba mengirimkan sinyal melalui syaraf berupa keinginan kuat untuk mengonsumsi gula, yang padahal beberapa menit sebelumnya tubuh sudah menerima asupan gula.

Hal tersebut bisa dipicu oleh emosi atau keadaan tubuh yang kurang baik, sebagai contoh ketika kesal, ngambek, bosan, capek, serta mood kurang baik, secara tiba-tiba tubuh akan memberikan respon dengan keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan maupun minuman manis, contoh misalkan es krim, minuman botol kemasan, permen, coklat, dan makanan manis lainnya.

Lantas apakah nagih gula bisa dihentikan, mengingat dalam jangka waktu tertentu bisa membahayakan tubuh, seperti obesitas, Diabetes Melitus, kolesterol, gangguan fungsi jantung, serta penyakit kronis lainnya.

Menurut para ahli, yang dikutip dari sebuah diskusi yang dilakukan oleh yayasan akses sehat Indonesia pada minggu, 20 Oktober 2022, dalam diskusi tersebut dijelaskan bagaimana cara untuk menghentikan nagih gula atau Sugar Craving. Di antara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Mengonsumsi Makanan Gizi Seimbang

Pertama, hendaknya kita bisa membedakan antara lapar mata atau lapar perut. Artinya, keinginan untuk mengonsumsi gula atau makanan dan minuman manis merupakan keadaan lapar sebenarnya atau hanya nafsu semata.

Makan makanan gizi seimbang, akan berdampak pada proses metabolisme yang maksimal. Tubuh tidak akan terbebani dengan beberapa senyawa saja yang masuk ke dalam tubuh. Makanan seperti sayur mayur, buah-buahan, protein kompleks seperti ikan, telur, serta kacang-kacangan.

  1. Berolahraga Dan Beraktivitas

Berolahraga secara teratur, serta aktif melakukan aktivitas terutama aktivitas yang bersifat produktif dapat mengoptimalkan proses kerja metabolisme tubuh, sehingga gula yang kita konsumsi akan langsung digunakan untuk membentuk energi. Diharapkan tidak ada penumpukan lemak atau gula akibat konsumsi berlebih karena kurangnya aktivitas metabolisme.

  1. Mengurangi Makanan Manis

Meskipun akan sedikit terasa sulit untuk dilakukan, nyatanya memaksa tubuh untuk tidak mengonsumsi gula ketika nagih gula sedang tinggi, merupakan cara efektif untuk menghentikan nagih gula secara permanen. Konsumsi makanan manis bisa digantikan dengan konsumsi buah-buahan.

  1. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh lebih tenang, segar, dan bahagia ketika Anda terbangun, dengan demikian suasana hati serta mood yang positif akan sedikit menekan pengaruh nagih gula pada otak. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, nagih gula biasa memuncak pada saat suasana hati sedang bermasalah seperti sedang kesal, bosan, marah, sedih, dan takut.

  1. Sadar Akan Bahaya Gula

Dampak mengonsumsi gula berlebih bagi tubuh amat sangat berbahaya, diantaranya adalah mengonsumsi gula berlebih dapat meningkatkan risiko terkena diabetes melitus, penyakit jantung, kanker, obesitas, dan penyakit kronis lainnya. Dengan menanamkan dalam diri dan sadar akan bahaya tersebut, diharapkan dapat menurunkan adiksi nagih gula.

Bagikan Ke

    17 CARA MENJADI MODEL BAHASA YANG BAIK UNTUK ANAK

    Bogor, Aksessehat.id - Orang tua adalah model bahasa pertama dan paling penting bagi anak. Apa yang orang tua katakan kepada anak dan bagaimana cara berinteraksi dengannya akan memengaruhi perkembangan bahasanya. Para orang tua dan pengasuh harus mengerti bagaimana...

    Plus Minusnya Minum Kopi bagi Kesehatan Lambung

    Bogor, Aksessehat.id - Kopi sudah menjadi konsumsi publik sejak jaman nenek moyang manusia, hampir seluruh manusia di muka bumi ini tahu dengan bahan utama minuman hits di zaman ini. Konsumsi kopi sudah menjalar ke semua elemen masyarakat, baik tua, muda, anak-anak,...

    Tanda-Tanda Mengapa Rambut Anda Rontok

    Bogor, Aksessehat.id - Beberapa orang kehilangan rambut di seluruh tubuh mereka. Sebuah kondisi yang secara medis dikenal sebagai alopecia universalis (kerontokan rambut secara keseluruhan, akibat meluasnya alopecia areata). Beberapa bentuk dari tipe alopecia yang...