Mengenal Turunan Gula Paling Sederhana (Monosakarida) Yang Berpengaruh Penting Pada Tubuh Manusia?

oleh | Agu 22, 2023 | edukasi, Berita, Kesehatan

Bogor, Aksessehat.id – Apa yang kamu ketahui tentang gula? Apakah semua gula rasanya manis? Ada gula apa saja yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari?.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin mudah untuk kita jawab, akan tetapi jawaban yang kita berikan belum tentu sesuai dengan apa yang sebenarnya.

Gula merupakan sebutan lain untuk karbohidrat, sedangkan karbohidrat merupakan salah satu dari tiga zat gizi makro selain protein dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam bertahan hidup.

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ketika karbohidrat yang ada dalam tubuh sudah terpakai, maka sumber energi yang digunakan adalah cadangan lemak, kemudian protein sebagai opsi terakhir ketika karbohidrat dan lemak pada tubuh sudah habis.

Turunan dari senyawa karbohidrat sangatlah banyak, sedangkan senyawa turunan karbohidrat paling sederhana disebut sebagai monosakarida.

Monosakarida sendiri dibagi ke dalam 5 jenis monosakarida yaitu Glukosa, Fruktosa, Galaktosa, Xilosa, dan Ribosa. Sedangkan yang umum kita kenal adalah 3 jenis monosakarida, yang pertama yaitu Glukosa, merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia.

Glukosa merupakan satu-satunya zat gizi yang bisa dipergunakan oleh otak. Dalam hal ini, glukosa merupakan satu-satunya zat yang bisa lolos skrining dan masuk ke dalam otak untuk memberikan energi. Sebagai contoh gejala hipoglikemia atau lapar otak bisa terjadi akibat kekurangan glukosa.

Oleh karena itu, ketika seseorang diet untuk tidak mengonsumsi glukosa, sebenarnya secara tidak langsung kita telah menyiksa otak, tanpa kita merasa kasihan terhadap otak kita sendiri.

Kedua adalah Fruktosa, disebut juga sebagai gula buah adalah monosakarida yang ditemukan di banyak jenis tumbuhan dan merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa, yang bisa langsung diserap ke aliran darah selama pencernaan.

Ketiga adalah Galaktosa, merupakan salah satu monomer pembentuk laktosa dan juga merupakan sumber energi. Karena sumber utama galaktosa adalah laktosa, maka galaktosa bisa didapat dari susu dan produk olahan susu seperti keju, mentega, dan yoghurt.

Bagikan Ke

    17 CARA MENJADI MODEL BAHASA YANG BAIK UNTUK ANAK

    Bogor, Aksessehat.id - Orang tua adalah model bahasa pertama dan paling penting bagi anak. Apa yang orang tua katakan kepada anak dan bagaimana cara berinteraksi dengannya akan memengaruhi perkembangan bahasanya. Para orang tua dan pengasuh harus mengerti bagaimana...

    Plus Minusnya Minum Kopi bagi Kesehatan Lambung

    Bogor, Aksessehat.id - Kopi sudah menjadi konsumsi publik sejak jaman nenek moyang manusia, hampir seluruh manusia di muka bumi ini tahu dengan bahan utama minuman hits di zaman ini. Konsumsi kopi sudah menjalar ke semua elemen masyarakat, baik tua, muda, anak-anak,...

    Tanda-Tanda Mengapa Rambut Anda Rontok

    Bogor, Aksessehat.id - Beberapa orang kehilangan rambut di seluruh tubuh mereka. Sebuah kondisi yang secara medis dikenal sebagai alopecia universalis (kerontokan rambut secara keseluruhan, akibat meluasnya alopecia areata). Beberapa bentuk dari tipe alopecia yang...