Tetap Sehat Selama Hamil? Ini Dia 6 Hal Yang Harus Bunda Lakukan..!

oleh | Agu 22, 2023 | Berita, edukasi, Kesehatan, Uncategorized

Bogor, aksessehat.id – Kehamilan bukanlah sebuah penyakit. Sejauh mana tidak ditemukan adanya keluhan, tidak ada alasan bagi seorang wanita hamil untuk tidak melakukan kegiatan sehari-hari. Mau tahu caranya, berikut tips dan triknya:

  1. Hindari Merokok.

Jangan merokok, Seorang ibu hamil sangat dilarang untuk merokok. Hal tersebut dikarenakan merokok dapat menyebabkan kelahiran bayi dengan berat badan dan rentan terhadap kematian bayi. Selain itu, seorang perempuan yang sedang hamil sangat di anjurkan untuk menghindari asap rokok.

  1. Diet/Makanan.

Seorang Ibu hamil harus memperhatikan berat badannya, ketika Ibu hamil kelebihan berat badan alangkah lebih baiknya untuk menjalani diet. Sedangkan bila berat badan normal, pastikan bahwa makanan yang dimakan hendaknya dengan komposisi seimbang yaitu mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral.

Hindari prinsip “makan untuk dua orang” tetapi harus mengonsumsi 1,5 kali lebih banyak dari orang normal. Hindari makan makanan yang berlemak, gula, dan garam. Perbanyaklah minum air mineral dan tambahkan vitamin sesuai anjuran dokter.

  1. Olah Raga

Olah raga ringan secara teratur dapat dilakukan oleh wanita yang sedang mengandung. Olah raga yang bisa dilakukan seperti jalan kaki, renang, dan aerobik ringan. Olah raga dapat menghindarkan ibu hamil dari susah buang air besar maupun wasir yang biasa terjadi pada wanita hamil. Selain itu, olahraga dapat membantu mempersiapkan otot-otot pada saat melahirkan.

  1. Istirahat

Jangan terlalu lelah, ketika Anda sedang mengandung. Beristirahat sangat di anjurkan ketika Anda merasa lelah. Tidur cukup 8-10 jam setiap harinya, tidur siang sangatlah penting bagi seorang perempuan hamil, maka sisihkanlah waktu Anda untuk tidur siang.

  1. Kebersihan Tubuh

Selama hamil Anda akan menjadi lebih sering berkeringat, maka dianjurkan untuk mandi lebih sering supaya badan terasa dingin dan segar. Jagalah liang senggama/vagina terutama dalam 6 minggu terakhir kehamilan, karena apabila kebersihannya tidak terjaga dapat menyebabkan infeksi rahim.

  1. Pakaian

Karena wanita hamil lebih sering berkeringat dan merasa kepanasan maka pakailah baju yang longgar dan dapat menyerap keringat. Pakailah sepatu yang bertumit rendah supaya Anda tidak jatuh dan tidak menimbulkan sakit pinggang. Belilah pakaian/BH yang agak longgar supaya dapat menyangga buah dada/payudara Anda yang mulai membesar.

 

Sumber:

Lee, Ann Sarah, Dkk. 1995. Panduan Kesehatan Keluarga. Yogyakarta: Yayasan Essentia Medica

Bagikan Ke

    17 CARA MENJADI MODEL BAHASA YANG BAIK UNTUK ANAK

    Bogor, Aksessehat.id - Orang tua adalah model bahasa pertama dan paling penting bagi anak. Apa yang orang tua katakan kepada anak dan bagaimana cara berinteraksi dengannya akan memengaruhi perkembangan bahasanya. Para orang tua dan pengasuh harus mengerti bagaimana...

    Plus Minusnya Minum Kopi bagi Kesehatan Lambung

    Bogor, Aksessehat.id - Kopi sudah menjadi konsumsi publik sejak jaman nenek moyang manusia, hampir seluruh manusia di muka bumi ini tahu dengan bahan utama minuman hits di zaman ini. Konsumsi kopi sudah menjalar ke semua elemen masyarakat, baik tua, muda, anak-anak,...