WASPADA!!! KENALI TANDA-TANDA ANEH YANG DISAMPAIKAN TUBUH KEPADA KITA

oleh | Jul 4, 2023 | Berita, edukasi, Kesehatan

Gambar: aksessehat.id

WASPADA!!! KENALI TANDA-TANDA ANEH YANG DISAMPAIKAN TUBUH KEPADA KITA

Akses Sehat Indonesia– Bogor/04/07/2023

Sebelum munculnya teknik-teknik diagnostik modern, para dokter harus mengandalkan apa yang diungkapkan oleh panca indra mereka sendiri dan pasien mereka seperti penglihatan, pendengaran, perabaan, perasaan, dan lainnya.

Berabad-abad lamanya, para dokter melakukan diagnosis terhadap kemungkinan yang terjadi terhadap pasiennya yaitu dengan mendengarkan detak jantung passien, meraba nadi mereka, melihat lidah mereka, memutar bola mata mereka, memeriksa rambut, kulit, dan kuku mereka, mencium bau mereka, mempelajari tinja mereka, mengendus dan terkadang mencicip urine mereka.

Begitupun dengan para dokter masa kini, walaupun di jaman yang serba modern nan canggih ini, mereka sangat mudah mendapatkan bahkan mempunyai berbagai peralatan diagnosis canggih yang siap digunakan, terkadang masih menerapkan teknik yang masuk akal ini, dengan pengecualian mencecap urine.

Seorang dokter ataupun petugas kesehatan yang bertugas sebagai pendiagnosis yang baik harus menjadi seorang detektif yang efektif dan efisien. Bahkan untuk mendiagnosis sebuah penyakit yang sederhana, seorang dokter harus mengumpulkan petunjuk-petunjuk yang tak terhingga jumlahnya dan menyatukan seluruh kepingan puzzle itu agar bisa mendapatkan gambaran keseluruhan.

Bagian-bagian tubuh yang kelihatan, terutama rambut, mata, gigi, kulit, dan kuku, bisa dibaca sebagai bukti untuk berbagai penyakit dan gangguan yang berkembang jauh di dalam tubuh. Menyortir begitu abnyak tanda membutuhkan pekerjaana detektif yang sangat jamak dan seringkali memerlukan lebih dari satu detektif, maka di situlah peran Anda bermain.

Beberapa contoh tanda-tanda yang terjadi pada tubuh kita misalkan cegukan yang kronis, mungkin tanda sudah minum-minum terlalu banyak atau tanda peringatan awal adanya tumor di esofagus. Gas perut yang berlebihan bisa disebabkan oleh keranjingan bawang mentah atau mungkin tanda adanya batu empedu, serta tanda-tanda lainnya. Mari kita tingkatkan awareness terhadap kondisi tubuh yang terjadi pada kita.

 

Sumber: Smith, Joan Liebmann dan Jacqueline Nardi Egan. (2011). “Mengetahui Berbagai Gejala Penyakit di Semua Organ Tubuh Anda”. Jakarta: PT Ufuk Publishing House.

 

Bagikan Ke

    17 CARA MENJADI MODEL BAHASA YANG BAIK UNTUK ANAK

    Bogor, Aksessehat.id - Orang tua adalah model bahasa pertama dan paling penting bagi anak. Apa yang orang tua katakan kepada anak dan bagaimana cara berinteraksi dengannya akan memengaruhi perkembangan bahasanya. Para orang tua dan pengasuh harus mengerti bagaimana...

    Plus Minusnya Minum Kopi bagi Kesehatan Lambung

    Bogor, Aksessehat.id - Kopi sudah menjadi konsumsi publik sejak jaman nenek moyang manusia, hampir seluruh manusia di muka bumi ini tahu dengan bahan utama minuman hits di zaman ini. Konsumsi kopi sudah menjalar ke semua elemen masyarakat, baik tua, muda, anak-anak,...