Kenali Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS)

oleh | Jun 7, 2023 | Kesehatan, Berita, edukasi

Kenali Penyakti Infeksi Penyakit Menular (IMS)

Kenali Penyakti Infeksi Penyakit Menular (IMS)

Bogor, 07/06/2023

Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan sebuah penyakit infeksi yang sering terjadi akibat tularan virus, bakteri, atau jamur melalui hubungan seksual. Penyakit ini sering juga disebut sebagai penyakit kelamin, namun seiring berjalannya waktu sebutan penyakit kelamin mulai jarang digunakan di dunia kesehatan, hal itu dikarenakan penyakit kelamin ini tidak semua gejala terjadi pada alat kelamin.

IMS bisa menular dari seseorang kepada orang lain melalui hubungan seksual, baik secara Heteroseksual maupun Homoseksual, baik secara vaginal, melalui dubur (anal), maupun melalui mulut (oral) dan beberapa proses penularan lainnya. Hubungan seksual yang dilakukan secara tidak sehat berisiko tinggi terkena IMS, terlebih perilaku seksual dengan cara bergonta-ganti pasangan.

Secara umum IMS bisa disebabkan oleh Bakteri dan Virus, namun dalam dunia kesehatan juga sering ditemukan IMS yang disebabkan oleh parasit maupun jamur yang masuk ke dalam tubuh.

IMS tidak selalu menunjukan gejala atau hanya menunjukan gejala ringan saja, sehingga penderita sering sekali tidak sadar bahwa dia menderita IMS. Oleh karena itu, umumnya penderita akan sadar bahwa dia menderita penyakit seksual ketika sudah mengalami komplikasi.

Ketika seseorang pertama kali terpapar bakteri maupun virus penyebab IMS, dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dia tidak akan mengalami komplikasi, dalam arti bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh secara alami akan langsung di makan atau dimatikan oleh sistem kekebalan tubuh. Namun, ketika paparan bakteri atau virus ini terjadi secara terus menerus, sistem kekebalan tubuh juga akan kuwalahan melawan bakteri dan virus yang masuk. Sehingga terjadilan infeksi dan lebih parah lagi menjadi komplikasi.

Gejala IMS bisa dilihat sesuai dengan jenis penyakit yang dialami, namun secara umum gejala yang biasa ditimbulkan yaitu:

  • Ruam di kulit tubuh terutama pada area seksual
  • Adanya benjolan maupun pelepuhan pada area vagina maupun penis
  • Rasa gatal parah di sekitar alat kelamin
  • Kencing nanah dan darah
  • Adanya aroma tidak sedap dari alat kelamin
  • Rasa nyeri ketika buang air kencing
  • Rasa nyeri di perut bagian bawah
  • Demam dan menggigil

Segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter ketika mengalami gejala-gejala di atas. Selain itu, penting bagi anda dan pasangan anda melakukan pemeriksaan ketika akan melangsungkan pernikahan.

Bagikan Ke

    17 CARA MENJADI MODEL BAHASA YANG BAIK UNTUK ANAK

    Bogor, Aksessehat.id - Orang tua adalah model bahasa pertama dan paling penting bagi anak. Apa yang orang tua katakan kepada anak dan bagaimana cara berinteraksi dengannya akan memengaruhi perkembangan bahasanya. Para orang tua dan pengasuh harus mengerti bagaimana...

    Plus Minusnya Minum Kopi bagi Kesehatan Lambung

    Bogor, Aksessehat.id - Kopi sudah menjadi konsumsi publik sejak jaman nenek moyang manusia, hampir seluruh manusia di muka bumi ini tahu dengan bahan utama minuman hits di zaman ini. Konsumsi kopi sudah menjalar ke semua elemen masyarakat, baik tua, muda, anak-anak,...